September 17, 2008

Apa itu Knowlwdge Management?

Posted in Management Information System at 2:20 am by christiegaol

Knowledge (pengetahuan) lebih umum daripada data dan informasi tetapi tetap harus memiliki keduanya sebagai pondasi. Knowledge (pengetahuan) mencakup pengalaman terstruktur, nilai, kemampuan menilai/menimbang, visi, intuisi, kemampuan memberi komentar dan lain sebagainya. Pengetahuan di dapat dari sejumlah informasi dan informasi berasal dari data. Ada dua macam pengetahuan, yaitu explicit knowledge (dapat diekspresikan dengan mudah oleh kata-kata/bahasa) dan tacit knowledge (berkenaan dengan emosi dan pengalaman personal). Tacit knowledge ini sangat bernilai bagi perusahaan dan dapat hilang dengan mudah bersama keluarnya pegawai. Oleh karena itu, dibutuhkan pengelolaan pengetahuan/manajemen pengetahuan/knowledge management(KM) yang baik agar modal intelektual dapat terus berada di dalam perusahaan/organisasi. Pada dasarnya, KM adalah pendekatan sistematis untuk mengutilisasi pemikiran para ahli untuk meningkatkan inovasi, responsivitas, produktivitas, dan kapabilitas organisasi. Tujuan adanya KM adalah untuk membangun lingkungan terintegrasi untuk pertukaran pengetahuan dan untuk menghubungkan pengetahuan yang diciptakan pegawai.

2 Comments »

  1. makhfril lindiono said,

    wah penjelasan MP dari penjelasan tacit dan eksplisit..
    tapi mau menambahkan. selain pengetahuan tacit dan eksplisit juga ada pengetahuan implisit, yaitu bentuk pengetahuan tacit yang lebih mudah untuk dtransfer.. semangat ya bikin blog..

  2. sarah said,

    yupyup kata-katanya lucu yah (tacit)


Leave a comment