September 23, 2008

about electronic data interchange dan implementasinya

Posted in Management Information System at 4:23 pm by christiegaol

Pada dasarnya berarti pertukaran data bisnis dari aplikasi komputer organisasi yang satu ke aplikasi komputer organisasi lawan transaksinya. EDI merupakan sekumpulan ‘standar’ untuk memberi struktur pada informasi yang akan dipertukarkan secara elektrik di antara dan di dalam organisasi-organisasi. EDI juga dimengerti sebagai implementasi dan operasi sistem dan proses untuk menciptakan, mengirimkan dan menerima dokumen EDI.

Contoh perusahaan yang mengimplementasikan EDI ialah London Drugs. London Drugs merupakan salah satu ritel terbesar di Kanada. Perusahaan ini menggunakan EDI untuk mendukung program Scan Based Trading (SBT) yang dimilikinya. Sistem ini membuat supplier memiliki peranan besar dalam inventory toko dan kepemilikan produk tetap pada supplier sampai pada titik terjual pada pelanggan. Dengan demikian, sinkronisasi data supplier dan London Drugs sangatlah penting. Pada hal inilah, EDI memegang peranan yang sangat besar.]

Manfaat yang dirasakan ialah pengurangan biaya inventory, peningkatan servis pelanggan, peningkatan hubungan dengan vendor, peningkatan penjualan secara keseluruhan dan peningkatan profit.

Leave a comment